Bagaimana Usaha Saya Untuk Bisa Menjawab Kuis Kalender Dari Air France

17 Jul 2009

Bagaimana Usaha Saya Untuk Bisa

Menjawab Kuis Kalender Dari Air France

by : Novi Walfitriati

How to be Creative

How to be Creative

Mulanya saya sempat mendengarkan hati kecil saya bicara bahwa hadiah utama tsb adalah sepertinya milik saya , tapi akal pikiran saya menyangkalnya karena secara nyata saya memang tidak tahu satu pun jawaban dari kuis tsb , pasalnya saya belum pernah lihat gambarnya , hanya 1-3 gambar aja , kebetulan saya kerja di travel , jadi sempat tahu namanya , sisanya dari mana saya tahu ? susah . Saya tidak bisa berbahasa Perancis, saya juga belum pernah ke sana , tidak punya teman orang perancis yang bisa saya jadikan tempat untuk bertanya , pasti kan saya gak bisa jawab.

Oh ya saya ada akal , pergi aja ke toko buku , tapi setahu saya yang sering keluar masuk toko buku , tidak pernah ada buku cerita tentang luar negeri yang spesifik mengenai istana kuno nya . Gak bisa juga.

Kenapa tidak telpon aja ke Kedutaan Perancis di Jakarta siapa tahu mereka punya jawabannya. Saya pun telpon ke sana dan minta di kirimkan buku-buku ataupun majalah tentang perancis , dengan alasan saya mau cari info karna ada rencana mau ke sana. Beberapa hari kemudian , saya terima buku dan majalahnya , tapi yang saya cari tidak ada.

Oh ya ada yang tertinggal, waktu itu kan saya di kantor sering di minta mengajari anak SMIP yang lagi on the job training di kantor saya , dan setahu saya , Anak SMIP pasti belajar satu lagi bahasa Asing selain bahasa Inggris di sekolahnya , entah itu bahasa Jepang atau Perancis, saya pun iseng menanyakan ke Anak Training tsb perihal bahasa asing apa yang dia dapat di sekolah dan kebetulan dia dapat bahasa Perancis, saya pun Tanya ke dia Apa Sebutan Istana Kuno , dalam bahasa Perancis ? . Di jawab chateau .

Ting itu dia kata kunci saya . Akhirnya waktu saya dapat majalah dari Kedutaan di halaman belakangnya ada gambar spt istana kuno dan ada sedikit tulisan chateau , saya lalu telpon lagi ke kedutaan Perancis , minta supaya di kirimkan buku khusus ttg Chateau , tapi mereka mengatakan bahwa buku tersebut tidak bisa di kasih ataupun di pinjamkan , karena hanya ada satu saja dan adanya di Perpustakan di Kedutaan Perancis .

Akhirnya sayapun pergi ke sana dan mendaftar serta meminta agar dapat di pinjamkan buku ttg chateau. Saya pun di kasih tahu di mana buku tsb , ternyata buku nya besar sekali , kalau buku itu terbuka , besarnya kurang lebih selebar kaca mobil dan bukunya tertulis dalam bahasa perancis semua .

Berfikir Keras

Berfikir Keras

Waduh pusing saya , gimana caranya supaya saya tahu isi cerita dari buku tsb , minta di terjemahin , mana ada yang mau ? , di bawa pulang gak boleh. Yang saya lakukan hanya membolak-balik buku tersebut dan mencoba mencocokkan gambar yang di kalender yang sudah saya bawa dengan yang ada di buku besar itu. Saya hanya menebak saja ..kira-kira gambar Bulan Januari cocoknya dengan gambar di buku besar halaman 7 misalnya , demikian seterusnya. Tapi kan saya belum tahu nama gambarnya .

Saya merenung sejenak , sambil terus membolak balikkan buku besar itu. Tiba-tiba mata saya tertuju ke tulisan yang di tebalkan dan juga miring pada awal cerita dari setiap gambar , dan beberapa diantaranya di awali dengan tulisan chateau . Dengan sok tahunya dan Percaya kata hati aja , saya pun memutuskan bahwa tulisan yang di tebalkan dan juga miring itu akan saya jadi kan jawaban atas nama gambar yang saya anggap cocok.

Saya anggap selesai karena saya sudah dapat jawabannya yang walaupun saya tidak tahu benar atau tidaknya tebakan saya itu. Akhirnya saya pulang ke rumah. Sampai di rumah , saya coba check lagi , kira-kira benar tidak jawabannya. Saya perhatikan bahwa ada 2 gambar yang sepintas seperti sama , tapi bisa juga memang gambar yang beda.

Saya fikir saya mesti tukar pendapat dengan suami saya , dia bilang kedua gambar tsb pasti sama kan tidak lucu kalo ada tebakan , tapi jawabannya beda semua dan tidak ada jebakannya. Benar juga yasaya pun ikut saran suami saya dan menjawab bahwa kedua gambar tersebut adalah sama.

Setelah mendapatkan semua jawabannya , saya pun mengikuti aturan main dari kuis tsb dengan menjawab satu persatu dari setiap gambar , sebelum tgl 15 setiap bulannya. Pada bulan ke tiga , saya tidak sabaran , langsung saya fax keseluruhan jawabannya , saya pun di telpon Staff Air France dan meminta saya mengulang fax dengan jawaban hanya untuk bulan itu saja, tidak bisa sekaligus.

Akhirnya setelah setahun berlalu , saat nya pengumuman pemenang di bacakan dan ternyata saya pemenang nya . The one and Only me . Oh my god , what a surprise , Ternyata Jawaban saya benar semuanya dan hadiah utama itu akhirnya memang menjadi milik saya .


TAGS ulang tahun ke-11 detikcom


-

Author

Follow Me